WIMAX: Teknologi Telekomunikasi Masa Depan

8 05 2008

Bagaimana Jaringan Wimax Bekerja“Sebatas berbagi informasi”, terhadap informasi yang dapat dihimpun tentang teknologi masa depan : WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) yang juga dikenal sebagai Wireless MAN, kami tulis dalam konteks berbagi ilmu pengetahuan.

Tahukah Anda? bahwa teknologi ini sudah diuji-pakai di Indonesia, Meskipun bagi kita pada umumnya masih banyak yang belum mengenal apa itu WiMax. Tahukah Anda? bahwa Teknologi ini (pre WiMax) pernah diimplementasikan di Nangro Aceh Darussalam oleh Yayasan Airputih pada 40 titik, awal tahun 2005 untuk bantuan komunikasi penanggulangan bencana tsunami.

Teknologi ini dikatakan Teknologi Masa Depan, (bagi sebagian kita-kita yang belum mengetahui tentang informasi ini adalah hal yang baru) karena teknologi terbaik dari teknologi WiFi dan merupakan cikal bakal Teknologi Telekomunikasi Masa Mendatang yang sejajar dengan generasi ke empat (4G dan 5G). Namun Teknologi ini telah dikembangkan dari bulan Juni 2001 menggunakan standar IEEE 802.16.

Kita sudah merasakan kemudahan dalam berkomunikasi seluler (ber HP ria) kapan saja dan dimana saja (red: “Jaringan kami sudah mencapai ke pelosok-pelosok kecamatan”; dikutip dari iklan salah satu operator seluler indonesia). Pernahkah anda bayangkan kita bisa ber INTERNET Ria Kapan saja dan dimana saja? Anda tidak mesti Lesehan sambil NgeNET dikoridor blok lagi (meskipun dengan kebaikan Jurusan mendirikan Tower WiFi anda sudah dapat Ngenet di Cafe Adam), akan tetapi jika dengan Jaringan Wireless MAN/Wimax anda dapat lesehan sambil NgeNet dimana saja, misalnya di Lokasi Camping (red: Asam Pulau).Kemudahan Akses Wimax

Kenapa Demikian? WiMax yang menggunakan standar 802.16e memiliki kemampuan handover atau handoff, sebagaimana layaknya pada komunikasi selular Dengan menggunakan WiMax, maka hanya dibutuhkan sebuah BTS dengan rentang jarak 30-50 Km, yang berarti untuk seluas kota Padang ini hanya dibutuhkan 1 BTS (1 bh Tower).

Kecepatan transfer data juga dapat dilakukan secara teoritis dengan kecepatan 70 MBps, jauh diatas kecepatan Wi-Fi yang “hanya” 11-54 MBps. Untuk Indonesia, saat ini frekueensi WiMax masih menunggu proses tender frekuensi yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Andaikata teknologi ini diimplementasikan untuk JARDIKNAS. Kita bisa bayangkan, impian untuk menghubungkan seluruh sekolah di Republik Indonesia, baik untuk rural maupun urban area dapat terpenuhi dengan baik (ya bisa menjadi negara maju dunk!!… republik tercinta ini).

Negara mana saja yang sudah tersentuh dengan teknologi Wimax? Saat ini negera-negara yang teleh menggunakan teknologi Wimax pada spectrum frekuensi dibawah 3,6 Ghz adalah diantaranya Singapura, Finlandia, Mexico, Brazil dan Kanada serta Indonesia dalam Ujicoba di NAD. Dan untuk Indonesia kita tunggu implementasinya atas hasil riset ITB dan LIPI yang telah didanai APBN, pengumumannya tahun ini, 2008 (atas informasi Ditjen Postel; Gatot S. Dewa Broto,).

Tidak seperti halnya 802.11 (WiFi), WiMax dirancang khusus untuk lingkungan outdoor. Hal ini memanifestasikan WiMax dalam berbagai cara. Salah satunya, WiMax mempunyai berbagai persyaratan pada physical layer untuk optimizing symbol rate. Standarisasi NircableHal ini membuat WiMax sangat lambat munculnya. Tambahan lagi, WiMax tidak memperdebatkan masalah MAC protocol, seperti CSMA. Yang terpenting, WiMax dapat mendeliver QOS yang handal dan penempatan bandwith per client, yang menjadi sangat penting bagi komunikasi jarak jauh.

Papaparan di atas, memberikan fakta kepada kita bawha WiFi adalah langkah yang tepat untuk digunakan pada enduser, sehingga WiMax and WiFi akan saling mengisi satu sama lain. WiMax mengisi kebutuhan jaringan akses outdoor tanpa kabel, sedangkan WiFi lebih cenderung kepada jaringan indoor tanpa kabel.

Mengapa WiMax Sangat Menarik ? WiMax mampu memenuhi kebutuhan berbagai urusan bisnis dengan kecepatan konektifitas T1/E1 dan mendukung kebutuhan rumahan dengan konektifitas DSL secara serempak, Menjanjikan biaya yang rendah dan fleksibilitas tinggi dalam pemakaian antar gedung, Perluasan dalam penambahan channel dan base station dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan pertumbuhan deman, Support terhadap komunikasi suara dan data, Vendor semikonduktor meramalkan, chips WiMax akan mulai terlihat pada PC pada tahun 2006 dan pada PDA tahun 2007.

Nah… Bagaimana Perkembangannya? Teknologi WIMAX yang dikembangkan pada bulan Juni 2001 menggunakan standar IEEE 802.16. Standar Wimax pada awalnya dirancang utuk rentang frekuensi 10 s.d. 66 GHz 802.16a, diperbaharui pada 2004 menjadi 802.16-2004 ( dikenal juga dengan 802.16d) menambah rentang frekuensi 2 s.d. 11 GHz dalam spesifikasi. 802.16d dikenal juga dengan fixed WiMax, diperbaharui lagi menjadi 802.16e pada tahun 2005 (yang dikenal dengan mobile WiMax) dan menggunakan orthogonal frequensy-divion multiplexing (OFDM) yang lebih memiliki stabilitas dibandingkan dengan standar 802.16d yang menggunakan OFDM 256 sub-carriers. Penggunaan OFDM yang baru ini memberikan keuntungan dalam hal cakupan, instalasi, konsumsi daya, penggunaan frekuensi dan efisiensi pita frekuensi.

Secara Umum, (berdasarkan kutipan dari helfin tentang Wimax dalam Ilmu Komputer dot com) Wimax terdiri dari dua bagian yaitu Base Station Wimax dan Wimax Receiver atau disebut juga customer premise equipment (CPE).

Base Station Wimax terdiri dari electronic indoor dan tower Wimax. Umumnya satu base-station menjangkau radius 6 mile (secara teori dapat menjangkai hingga radius 50 km atau 30 mile, tapi menurut prakteknya baru terbatas sekitar 10 km atau 6 mile. Dalam area layanan tersebut dimanapun dapat mengakses internet secara wireless. Base Station WimaxBase Station Wimax menggunakan MAC layer (didefinisikan dalam standard), sebuah interface umum yang membuat jaringan interoperable dan dapat mengalokasikan bandwdith uplink dan downlink ke pelanggan berdasarkan kebutuhan pada satuan waktu tertentu. Setiap base station menjangkau daerah yang dinamakan cel. Maksimal radius dari cell secara teori adalah 50 km (tergantung band frekuensi yang dipilih), namun pengembangan yang umum adalah radius 3 km sampai 10 km. Seperti jaringan mobile seluler, antena pada base station dapat omnidirectional (cell yang circular) atau directional (linear) dan atau sektoral.

Wimax Receiver dapat terdiri dari antena yang terpisah (bagian yang terpisah antara receiver electronic dan antenna) atau dapat berupa box sendiri atau PCMCIA card dalam laptop. Akses ke base station Wimax hampir sama dengan mengakses access point dalam jaringan WiFi, namun masih tingginya biaya instalasi CPE menjadi kendala karena memerlukan tenaga ahli dalam instalasi CPE untuk sistem BWA.

Backhaul lebih ke koneksi dari access point ke provider dan koneksi dari provider ke jaringan inti.

Wimax telah menggunakan teknologi frekuensi tinggi. Pengoptimalan Wimax terletak pada jenis transmitter (beam antena) dan lokasi penggunaannya (dinding, gedung tinggi). Selain itu, pemancaran transmiter HF dilakukan dengan sistem beam shaping. Standarisasi WIMaxJadi, mulai standar 802.16a, semua antena pada sebuah base station dapat saling terhubung untuk menyesuaikan beam characteristic terhadap jangkauan dan bandwidth. Teknologi transmisinya pun tergolong baru. Modulasi sinyal carrier dilakukan secara paralel melalui modulasi Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM).

Saat ini Produsen yang telah memproduksi Perangkat Wimax adalah Alvarion, Airspan Inc dan Alpha Network Inc. (produksi Alpha Network Inc yaitu Wimax CPE untuk indoor/outdoor WiFi dan Wimax Access Point).

Next Generation to HyperMAN atau WiBRO (teknologi Wireless BROadband yang dikembangkan oleh industri telekomunikasi Korea) dan Generasi Mobile-Fi dengan standar IEEE 802.20.


Aksi

Information

16 responses

9 05 2008
senopatiarthur

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://pendidikan.infogue.com/wimax_teknologi_telekomunikasi_masa_depan

13 05 2008
khepri

USB Card nya udah ada apa blom pak

25 07 2008
antonioreinaldo

thanks Mr….
about attention for himanika fm radio…

30 07 2008
Erawati

Halo,

Kalau mungkin, bolehkah bagi bagi informasi tentang pemasangan handphone camera, secara standard international request.

Thanks
Erawati

19 08 2008
cimenk

artikelnya bagus, sangat bermamfaat apalagi dunia globalisasi seperti sekarang, butuh waktu cepat buat menyelesaikan suatu pekerjaan, mungkin dengan adanya sistem WIMAX dapat membantu kita

8 10 2008
Rini Oktavia

yap… setuju…
Bantu juga untuk perkembangan Himanika FM Radio ya “ambos” ya…🙂

Lai takano jo Rini………
Lai sanang kuliah dan tingga di nagari urang pak…

9 10 2008
abudiarso

Jangkauan GSM/CDMA saat ini 1 BTS kurang lebih masih 3-6 Km, kalau wimAX mencapai 30 Km tentu sangat efisien apalagi dengan teknologi setara 4G/5G….mungkin sekali akan menggantikan teknologi yang sudah ada….yah kita tunggu saja ya

10 10 2008
agungv

Asmuailukum Pak.
maaf Lahir bathin sebelumnya.
saya ingin bertanya
Apakah ada pengaruh jika kita beraktifitas setiap hari dibawah tower handphpone. karena tower XL dipasang tepat diatas tempat kost-kost pren saya pak.
trims.

24 11 2008
ando

pak, kalau wimax sudah dioperasikan, apakah kebutuhan pulsa diperlukan lagi… dan bagaimana dengan operator2 seluler…?

18 12 2008
kiki

saya sangat tertarik sekali mengenai wimax ini,apalagi saya sekarang sedang mencari bahan buat LA saya……..
saya juga sedang mempelajari wimax lebih dalam, karena saya belum terlalu paham.
Pak..bisa nggak tolong saya bantu mencari bahan mengenai wimax,yang mungkin bisa dijadikan judul TA saya. Mohon bantuannya pak.. karena TA saya akan dilanjutkan untuk membuat alat,sebagai syarat buat lulus.

8 02 2009
Klaus Huse

Dear Sir or Madam,

we are a manufacturer and developer of mobile WiBro technology and other patent holders In-Building Supply WiBro (Mobile Wimax) innovations,
we would be very happy if they look at our homepage http://www.thecampnet.co.kr/index2.html around.

The Camp Net are INNO-BIZ Certificate for WiBro (Wimax Mobil) innovations in South Korean.
The Camp Net Internet and Mobil Network WiBro are cheaper ,faster and runs 5 years without problems in Seoul and surrounding area

Furthermore, we would be happy if its part interest in our products.

Our customers are the major provider SKT Korea, LGT of Korea, Korea Telecom, KTF and Samsung

27 02 2009
dessy

dc ingin buat tugas akhir tentang wimax ini pak…bapak bisa bantu? terimakasih sebelumnya pak.

19 03 2009
slamet

Bisa buatkan kelengkapan wimax pak ? Accespointnya apa dan perangkat clienya. merek penjual dll.

saya mau bikin hotspot pake wimax. sekarang saya punya hotspot di daerah airtawar menggunkan mikrotik. 2,4 Ghz..

makasih penjelasannya. mudah2 bermanfaat utk semua pelajar di kota padang.

15 08 2009
Haqqul Yakin

Assalamualikum Wr. Wb..
Gimana kabrnya pak ? Jadi mahasiswa lagi pak🙂
Keren bagt tulisannya pak… Bener juga t pak kata kak rini bantu bantu juga donk radio himanika fm🙂
Alhamdulillah pak situs radio himanika fm dah klar… tapi masih harus dikembangkan lagi..saat ini masih menggunakan hosting gratis alias Free . He.. Jangan lupa dikunjungi pak. alamtnya http://www.himanikafm.co.cc

22 10 2009
hakim

thank’s for your information…
I get new knowledge from your article…

18 11 2009
ulinishere's Blog

[…] WIMAX: Teknologi Telekomunikasi Masa Depan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: